Sharing about programming and my personal activities.

Jalan-jalan, Bikin IQ Naik & Mental Sehat!

J

Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.

– QS. 67:15

Waktu aku SMA dulu, salah satu guru ngajiku pernah bilang bahwa jalan-jalan atau rihlah itu adalah salah satu perintah Allah yang bahkan disampaikan di banyak ayat Al-Qur’an. Buat aku yang memang suka jalan-jalan sejak kecil, terus terang aja ya, ini tuh bikin aku makin semangat.

Apalagi, kalau dipikir-pikir, kalo jalan-jalan ini udah sampai jadi salah satu perintah Allah, udah pasti ada banyak kebaikan yang tersimpan di dalamnya. Jadi, di tulisan kali ini aku akan coba bikin rangkuman dari beberapa artikel yang udah aku baca tentang bagaimana jalan-jalan atau wisata ini bisa bikin IQ kita makin meningkat dan mental kita juga makin sehat.

Hubungan Antara Perjalanan dan IQ

Meningkatkan Kemampuan Problem-Solving

Sebuah studi oleh William W. Maddux menunjukkan bahwa orang yang tinggal di luar negeri lebih unggul dalam tes kreativitas daripada mereka yang tidak pernah keluar dari negaranya (Sumber: Journal of Personality and Social Psychology, 2009). Menghadapi tantangan di lingkungan baru dapat meningkatkan kemampuan problem-solving kamu.

Memperluas Kosakata

Menurut data dari Educational Testing Service (ETS), orang yang sering bepergian atau tinggal di luar negeri memiliki perbendaharaan kata yang lebih luas, yang merupakan salah satu indikator kecerdasan verbal.

Manfaat Perjalanan untuk Kesejahteraan Mental

Mengurangi Stres

Sebuah studi oleh University of Pittsburgh menunjukkan bahwa perjalanan dapat mengurangi tingkat stres hingga 89% dalam waktu kurang dari tiga hari (Sumber: Psychological Science, 2013).

Meningkatkan Kepuasan Hidup

Menurut penelitian yang diterbitkan di Journal of Travel Research, orang yang bepergian minimal satu kali per tahun memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak pernah bepergian.

Tips Untuk Memaksimalkan Manfaat Perjalanan

  1. Rencanakan Perjalanan yang Edukatif: Cobalah mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau museum untuk menambah pengetahuan kan.
  2. Tetap Aktif Selama Perjalanan: Olahraga ringan seperti hiking atau berenang bisa menjaga kesehatan mental kita.
  3. Socialize: Berinteraksi dengan orang lokal dapat membantu kita memahami budaya dan cara pandang yang berbeda, yang pada akhirnya dapat meningkatkan IQ dan cara berbicara kita.

Kesimpulan

Perjalanan tidak hanya memberikan kenangan atau foto yang indah, tetapi juga dapat menjadi alat yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan mental. Jadi, apa yang kam tunggu? Ayok laa kita jalan-jalan, peralatan dan akomodasi dah ready, nih!

About the author

jabbarpanggabean

Software Engineer, mostly talks in Kotlin but also can speak PHP or JavaScript. I do love Arsenal for its beauty of football, passion, history, and every single memories with Father. #FreePalestine 🍉

3 Comments

  • Itulah mengapa liburan atau jalan-jalan menjadi hobi yang sulit sekali dilepaskan karena merasakan banyak sekali manfaatnya. Setuju banget dengan artikelnya nih, buat IQ naik dan kesehatan mental bisa terjaga pula.

  • I do trust all the ideas youve presented in your post They are really convincing and will definitely work Nonetheless the posts are too short for newbies May just you please lengthen them a bit from next time Thank you for the post

  • My brother suggested I might like this website He was totally right This post actually made my day You cannt imagine just how much time I had spent for this information Thanks

Sharing about programming and my personal activities.

Let’s connect!

Jalan-jalan ke kota Medan
Singgah sebentar membeli katun
Kalau berkenan marilah berteman
Supaya dapat berbagi pantun