Sharing about programming and my personal activities.

Tips Mencari Ide Untuk Ditulis di Personal Blog

T

Oke, jadi sejujurnya malam ini aku bingung mau nulis tentang apa. Kepengennya sih tetap nulis, walaupun sedikit. Lagi latihan konsistensi. Nah, ketika aku mikir-mikir, nyari ide, kenapa ga aku tulis aja gimana sebenernya tips mencari ide pas kita lagi buntu, hehe.

Rencana awal tadi pengen nulis soal Brandan Bumi Hangus, berhubung hari ini 13 Agustus 2023 adalah hari peringatan peristiwa bersejarah tersebut. Tapi karena malam ini aku baru aja pulang dari Langsa, kebetulan hari ini juga ada acara ngumpul keluarga rutin, jadi habis dari lokasi acara peringatan, aku langsung nyetir ke sana dan baru nyampe lepas maghrib tadi. Tenagaku sisa dikit, agak kurang fokus. Jadi, menulis topik bersejarah ini kayaknya bakal aku lanjutin besok atau lusa. Mungkin sekalian digabungkan dengan HUT RI tanggal 17 Agustus nanti. Entahlah. Tapi yang jelas sekarang, aku pengen nulis topik yang ringan-ringan aja.

Nah, balik lagi ke topik awal, soal nyari ide. Biasanya, aku hanya menulis apa yang aku pikirkan aja, karena aku juga menjadikan proses menulis blog ini sebagai latihan, terapi, untuk mengatur pikiranku yang seringkali berbelit-belit kesana kemari dan tertawa. Lah.

Tapi kalau hanya menuliskan apa yang kita pikirkan, biasanya bakaln sulit kalau di momen tersebut justru pikiran kita lagi lelah macam sekarang ini. Bukan cuma tulisannya yang berantakan, tapi juga apa yang mau disampaikan seringkali bisa tidak tersampaikan dengan baik. Dan menurutku, masalah ini pasti dialami oleh semua penulis baik di blog atau media lainnya. Karena ini masalah yang umum, dan mungkin telah terjadi sejak ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu sejak literasi pertama kali ditemukan, pastilah sudah banyak tips dan strategi yang dikembangkan oleh para pendahulu, para ahli, baik di masa lalu maupun masa sekarang. Jadilah, topik tulisan malam ini, mencoba menemukan kira-kira apa aja yang bisa dilakukan untuk menemukan ide-ide tulisan terbaik.

Aku menemukan banyak, tapi menurutku ini 3 yang sederhana dan punya dampak paling powerful.

#1 Riset dan Baca

Iyaa, ini tips paling umum sih, mungkin udah bosen juga dengernya. Tapi seriusan, baca buku, artikel, atau apapun itu bener-bener bisa ngebantu buat nulis. Ga cuma soal menemukan topik tulisan aja, tapi dari sisi semangat menulis pun akan meningkat. So, kalo bingung mau nulis sesuatu, segera cari buku dan baca.

#2 Memanfaatkan Teknologi

Waktu aku nulis tulisan ini, aku secara langsung ga langsung, juga memanfaatkan teknologi. Googling misalnya. Atau bahkan sekarang ada yang lebih praktis, nanya ke AI. Sebenarnya, kalo beneran mau jadi penulis profesional, ada banyak tools atau perangkat teknologi yang wajib dipelajari karena punya fungsi yang akan sangat membantu kita. Tapi karena aku masih pemula sekali, jadi mungkin untuk awal-awal akan mencoba memanfaatkan teknologi yang paling mudah digunakan aja. Yang lain, insya Allah diagendakan waktunya.

#3 Topik Favorit

Nah ini juga tips yang sederhana, tapi beneran se-powerful itu. Sampai saat tulisan ini dibuat, aku sejujurnya belum punya daftar topik-topik favorit. Padahal, aku punya banyak hal untuk diceritakan. Entah itu karena aku punya pengalaman yang terkait, atau bisa jadi juga karena ketidaktahuanku yang akhirnya bikin explore berbagai sudut pandang yang baru. So, resolusiku berikutnya adalah, punya daftar topik favorit sekaligus sub-topiknya. Let’s go!

About the author

jabbarpanggabean

Software Engineer, mostly talks in Kotlin but also can speak PHP or JavaScript. I do love Arsenal for its beauty of football, passion, history, and every single memories with Father. #FreePalestine 🍉

Add comment

Sharing about programming and my personal activities.

Let’s connect!

Jalan-jalan ke kota Medan
Singgah sebentar membeli katun
Kalau berkenan marilah berteman
Supaya dapat berbagi pantun